Artikel

PENTINGNYA MEMAKAI MASKER DOBEL UNTUK TINDAKAN PREVENTIF

Oleh: Luluk Fista Muliawati, S.Kep

Gambar. foto penggunaan masker dobel

Sejak dimulainya pandemi COVID-19 tahun lalu, salah satu protokol kesehatan yang paling banyak mengalami perkembangan adalah aturan mengenai penggunakan masker. Di awal pandemi covid-19, Centre for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO) hanya mewajiban masker bagi orang sakit. Kemudian, sempat terjadi kelangkaan masker medis di awal pandemi karena masyarakat berbondong-bondong berbelanja masker medis

Belum lama ini, sekitar bulan April 2021 CDC mengeluarkan panduan mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan efektivitas masker yang dapat diterapkan oleh masyarakat. Penggunaan masker secara konsisten dengan cara yang baik dan benar penting dilakukan untuk memutus penyebaran covid-19.

Seberapa Efektif Mengenakan Masker Dobel?

Penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif mencegah penularan virus corona. Hal ini jika dibandingkan menggunakan satu helai masker saja.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah, masker medis yang hanya digunakan satu helai hanya memblokir 56,1 persen partikel dari percobaan batuk. Sementara itu, satu helai masker kain hanya bisa memblokir 51,4 persen. 

Namun, bila keduanya dikombinasikan dengan masker kain di atas masker medis, bisa memblokir hingga 85,4 persen partikel udara. Selain itu, diketahui juga bahwa masker medis yang digunakan dengan menyilangkan talinya pada telinga serta memasukkan lipatan masker ke bagian dalam, dapat menghalau 77% partikel dari simulasi batuk yang dilakukan.

Cara Menggunakan Masker Dobel yang Benar

Penggunaan masker dobel juga harus dilakukan dengan cara yang benar agar bisa bekerja secara efektif. Berikut adalah cara pakai masker dobel yang benar:

  1. Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama.
  2. Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah, sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung Anda.
  3. Lapisi masker bedah dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.
  4. Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
  5. Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Bila masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker.
    • Pastikan Anda tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian masker dobel ini.

Cara Lain untuk Meningkatkan Efektivitas Masker

Selain menggunakan masker dobel, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas masker, yaitu:

  • Prioritaskan lapisan. Beberapa lapisan berfungsi untuk melindungi wajah dengan lebih baik dari paparan virus. Ketika memilih masker kain, pilihlah masker yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis kain.
  • Tambahkan filter ke masker kain. Beberapa jenis masker kain dilengkapi dengan saku built-in di mana kamu dapat menempatkan filter atau lapisan kain tambahan. 
  • Pilih masker yang dilengkapi kawat hidung. Carilah masker dengan strip kawat di bagian hidung yang bisa ditekuk agar lebih pas. Menggunakan masker dengan kawat hidung juga dapat mencegah kacamata berkabut yang menghalangi penglihatan.
  • Coba metode simpul dan selip. Metode ini dapat digunakan untuk membuat masker lebih pas menutupi wajah. Caranya, ikat karet telinga di sisi tepi masker dan selipkan lipatan ke bagian dalam, lalu pakai masker seperti biasa.
  • Gunakan penyangga masker. Mask brace atau penyangga masker adalah alat yang terbuat dari bahan elastis. Alat ini bisa membantu mencegah udara keluar dari celah bagian atas dan samping masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.