Berita

PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) (Pembina dan Pemilik SMK Kesehatan Sadewa)

dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K)

Dr Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) adalah sosok inspiratif yang bakti,  karya  dan juga prestasinya dalam memimpin daerah terutama Kabupaten Kulonprogo sudah tidak diragukan lagi. Beliau yang sekarang menjabat Kepala BKKBN pusat dan juga Pembina SMK Kesehatan Sadewa telah memberikan pelajaran berharga melalui contoh nyata melalui karya dan prestasi beliau selama menjabat sebagai Bupati Kulonprogo maupun dalam menjalankan amanah-amanah beliau yang lain.

 Dengan latar belakang kabupaten Kulonprogo yang tingkat kemiskinannya waktu itu realtif tinggi menjadikan tantangan tersendiri bagi beliau dan jajarannya untuk memajukan daerah. Prinsip kepemimpinan yang beliau pegang bahwa seorang pemimpin  harus menghasilkan perubahan, melahirkan sebuah tanya “Jangan-jangan kalau bukan saya yang memimpin maka hasilnya lebih baik”. Tentu ini akan menjadi control diri  dan motivasi alam menjalankan amanah sebagai pemimpin.  

Penghayatan terhadap kemiskinan memunculkan gagasan dan inovasi disertai perubahan paradigma dan memunculkan kesadaran akan ketertinggalan dan untuk mengejarnya terutama dengan ideologi rakyat yang kuat untuk menguasa produksi dan konsumsi pasar local. Dari sinilah akhirnya lahir gerakan bela dan beli kulonprogo. Gerakan ini mempunyai dua makna yaitu gerakan ideologis membela bangsa dengan membeli produk sendiri dan ekonomi kerakyatan akan membangun system kendali dan meningkatkan peredaran uang di masyarakat.

Dari gerakan ini maka muncullah beberapa produk local yang meningkatkan derajat masyarakat Kulonprogo di antaranya Airqu yang merupakan air mineral produksi PDAM. Batik gebleg renteng yang hak paten dan produksinya dipegang oleh pemerintah Kulonprogo dan TOMIRA. (Toko Milik Rakyat).

Pendidikan terbaik adalah melalui teladan atau inspirasi dan beliau telah melakukannya. SMK Kesehatan Sadewa  turut bangga atas prestasi yang diraih.  Semoga penganugerahan Doktor Honoris Causa yang diterima menjadi berkah dan semakin menebar manfaat dalam memajukan bangsa dan Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.