Berita
SMK KESEHATAN SADEWA DIDAMPINGI KPAI YOGYAKARTA MENGADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION KESEHATAN MENTAL DAN PENCEGAHAN BULLYING PADA REMAJA

SMK KESEHATAN SADEWA DIDAMPINGI KPAI YOGYAKARTA MENGADAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION KESEHATAN MENTAL DAN PENCEGAHAN BULLYING PADA REMAJA

Yogyakarta – Rabu, 06/12/2023, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman ikut menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh SMK Kesehatan Sadewa Yogyakarta. Bertempat di Restoran Taman Pringsewu Yogyakarta, Focus Group Discussion kali ini membawa tema Kesehatan Mental dan Pencegahan Bullying. Hadir sebagai Narasumber yakni Ibu Ifa Aryani, S. Psi, M. Psi selaku Komisioner Bidang Pengaduan dan Mediasi, FGD kali ini dihadiri oleh Guru Bimbingan Konseling dari 76 SMP / MTs.

Kepala SMK Kesehatan Sadewa, Drs. Eka Setiadi, M.Pd. mengatakan “Banyaknya kasus bullying, mengakhiri hidup dan lain sebagainya dilakukan oleh anak usia sekolah akibat perkembangan zaman ini bermuara dari mental anak yang tidak sekuat generasi sebelumnya. Kami mengadakan Focus Group Discussion ini untuk Guru BK SMP / MTs agar peserta didik di sekolah Bapak / Ibu yang nantinya masuk ke SMK Kesehatan Sadewa dapat memiliki mental sehat sehingga tidak menjadi pelaku atau korban bullying” Imbuhnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ibu Dwi Warni Yuliastuti, AP, M.Pd dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan pagi ini sangat bermanfaat bagi ketugasan Guru BK yang menjadi komitmen Kurikulum Merdeka untuk mendampingi peserta didik agar dapat survive menjadi pribadi yang kuat dan tidak rapuh mentalnya untuk generasi mendatang”.

“Kejahatan jalanan yang terjadi sekarang telah berasal jenjang pendidikan menengah pertama dan menengah atas. Sebagai contoh kejahatan bullying sekarang tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa ke anak tetapi juga sebaliknya.” Ucap Bapak Dwi Agus Muchdiarto, SH, MA selaku Kepala Balai DIKMEN Kab. Sleman. “Sekarang ditegur sedikit tidak terima, divideo dan diviralkan jadi di zaman ini sudah tidak ada manajemen marah adanya manajemen memaafkan” Imbuhnya.

Selain menyampaikan materi FGD, SMK Kesehatan Sadewa juga menginformasikan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 yang telah dibuka Gelombang I pada Bulan Oktober lalu. Sedikit yang disampaikan oleh Ibu Elis Novika Santi, S.Kep.Gr. selaku Wakasek Kesiswaan adalah tentang Pendaftaran, Prestasi Peserta Didik, Kegiatan Kesiswaan, dan Mitra Kerjasama dengan DUDIKA.

Pada acara inti, Ibu Ifa Aryani, S. Psi, M. Psi selaku Komisioner Bidang Pengaduan dan Mediasi dari KPAI Kota Yogyakarta mengatakan “Sebanyak 0.2% dari remaja telah melakukan percobaan bunuh diri di dalam 12 bulan terakhir. Orang yang memiliki gangguan mental dan korban bullying biasanya merasakan takut, stress, cemas, depresi, sulit konsentrasi yang menjadikan prestasi bermasalah, panik, sulit tidur, keluhan di organ tubuh, menarik diri dari lingkungan, tidak mau sekolah, mengurung diri serta dendam dan akhirnya menjadi pelaku bully untuk orang lain. Dengan kegiatan FGD ini tentunya dapat mencari solusi khususnya di lingkungan pendidikan dengan melakukan pencegahan bullying yang dilakukan oleh semua pihak baik dari orang tua, masyarakat, lembaga pendidikan dan juga pemerintah, sehingga kejadian bullying tidak terjadi lagi.”

Redaksi: Lilis Ningcahyani

Leave a Reply

Your email address will not be published.