UPACARA HUT KE-76 RI SMK KESEHATAN SADEWA

Selasa(17/08/21), SMK Kesehatan Sadewa menyambut HUT Ke-76 Republik Indonesia dengan mengadakan upacara. Upacara ini diikuti oleh guru, karyawan, dan beberapa siswa kelas X SMK Kesehatan Sadewa. Upacara berjalan dengan lancar. Petugas upacara, beberapa siswa kelas X, melaksanakan setiap rangkaian upacara HUT Ke-76 RI dengan sangat baik. ,Penerapan protokol kesehatan yang berlaku di tengah masa pandemi covid-19 ini tidak mengurangi suasana kekhidmatan upacara yang digelar.

Di HUT Ke-76 RI ini, Drs. Harminto, M.M, selaku pembina upacara, dalam sambutannya menyampaikan lima hal yang harus kita ketahui dalam memaknai upacara kemerdekaan hari ini. Lima hal tersebut yakni :

  1. Pertama, mengerti kemerdekaan agar kita tau makna dan tujuan merdeka. Hal ini berkaitan mengenai bagaimana kita dapat mengambil pembelajaran dari masa penjajahan dan perjuangan masyarakat Indonesia pada zaman itu untuk menyatakan “kemerdekaan”.
  2. Kedua, mengisi kemerdekaan agar kita tidak menyimpang dari tujuan merdeka. Hari merdeka sudah seharusnya dijunjung sebagai hari peringatan yang bermakna dan dalam merayakannya diisi dengan kegiatan yang positif.
  3. Ketiga, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia, sudah seharusnya kita bekerjasama untuk waspada dan bekerjasama dalam menghadapi berbagai ancaman yang dapat menghancurkan negara kita. Menjaga landasan negara, UUD 1945 dan Pancasila merupakan tanggungjawab. Kebodohan akan membuat Indonesia runtuh, sedangkan kreatifitas akan membuat Indonesia bangkit.
  4. Keempat, berjuang melawan covid-19 agar kita tidak sakit. Kita harus menjaga diri dengan menaati protokol kesehatan dengan ketat agar terhindar dari covid-19. Selain itu, yang pertama dan utama adalah mendekatkan diri kepada Tuhan agar kita diberikan perlindungan dari berbagai penyakit.
  5. Kelima, berjuang melawan penjajah jangan sampai lengah. Kita, sebagai masyarakat Indonesia harus belajar dari sejarah yang telah terjadi. Kita harus menjadi pandai dan waspada dalam menghadapi musuh. Musuh dapat dating baik dari dalam negeri, maupun luar negeri.

Drs. Harminto, M.M, juga meningatkan kepada seluruh peserta upacara untuk tetap kuat, kreatif, eling, dan waspada. Beliau juga menyampaikan, sesuai amanat UU No. 24 tahun 2009, bahwa kita harus mengutamakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengutamakan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.