Berita
PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMK KESEHATAN SADEWA

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMK KESEHATAN SADEWA

Untuk meningkatkan kompetensi Tenaga Kependidikan, SMK Kesehatan Sadewa melaksanakan pelatihan di bidang Ketatausahaan Administrasi selama satu hari. Pada hari Sabtu, 24 Agustus 2024 menghadirkan narasumber yaitu Dra. Puji Astuti. Kepala SMK Kesehatan Sadewa menyampaikan, pelatihan kompetensi tenaga kependidikan ini perlu diadakan supaya dalam pengelolaan administrasi tersusun dan tertata sesuai dengan standar Administrasi Sekolah.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Dra. Puji Astuti yang pada kesempatan ini beliau menyampaikan beberapa materi terkait penataan dan penyimpanan arsip, prinsip administrasi sekolah, ruang lingkup administrasi sekolah, dan tugas pokok tenaga administrasi sekolah. Dalam administrasi sekolah, memberikan kewenangan penuh kepada pihak sekolah untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkorrdinasikan, mengawasi dan mengevaluasi komponen-komponen tersebut yang meliputi administrasi kesiswaan, administrasi kurikulum, administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, administrasi sarana dan prasarana, administrasi keuangan, dan administrasi humas.

Pada menjalankan kegiatan administrasi sekolah, perlu menggunakan prinsip efisiensi dan efekivitas. Efisiensi tidak hanya dalam penggunaan waktu secara tepat, namun juga dalam pendayagunaan tenaga secara optimal. Sedangkan prinsip efisiensi adalah cara untuk mendapatkan hasil maksimal dengan menggunakan sumber daya minimal. Kepala SMK Kesehatan Sadewa yaitu bapak Rka Setiadi, M.Pd selalu mendukung terkait pelatihan-pelathan , workshop, ataupun seminar yang bertujuan untuk mengupgrade SDM yang ada di SMK Kesehatan Sadewa sehingga dapat menunjang kegiatan pelayanan dalam bidang pendidikan kepada warga sekolah seperti siswa, guru, orangtua, dan pihak eksternal lainnya. 

Manfaat bagi peserta setelah mengikuti pelatihan ketatausahaan ini, yaitu semua tenaga administrasi sekolah bisa mengerti bagaimana pengelolaan dan penyimpanan arsip yang baik, memiliki standar kompetensi dalam hal kepribadian, social dan teknis. Kompetensi kepribadian yang mencakup integritas dalam bekerja, ketelitian, kedisiplinan,keinovasian dan tanggungjawab. Kompetensi social mencakup kerja dalam tim, pelayanan prima, kompetensi teknis yang mencakup segala administrasi persuratan, pengarsipan, kepegawaian, keuangan, sarpras, kesiswaan, kurikulum dan humas. Pada pelatihan ini acara berjalan lancar yang diakhiri dengan foto bersama dengan para peserta pelatihan. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menambah ilmu Staff Tata Usaha SMK Kesehatan Sadewa agar menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada warga sekolah.

Redaksi: Diana Octaviani, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× Bimbingan Konseling